Pemerintah

Pemkab Rohul Gelar Pawai Takbiran Idul Adha 1444 H, Sukiman: Mensyiarkan Islam yang Rahmatan Lil Alamin

100
×

Pemkab Rohul Gelar Pawai Takbiran Idul Adha 1444 H, Sukiman: Mensyiarkan Islam yang Rahmatan Lil Alamin

Sebarkan artikel ini
Pemkab Rohul Gelar Pawai Takbiran Idul Adha 1444 H
(istimewa/kominfo Rohul)

TAKTIKNEWS.COM,- Untuk memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M, Kabupaten Rokan Hulu menggelar pawai takbiran yang dilepas secara resmi oleh Bupati Rokan Hulu H. Sukiman didampingi Wakil Bupati Rokan Hulu H. Indra Gunawan dan segenap unsur Forkopimda serta BAZNAS Rokan Hulu, ditandai dengan pemukulan bedug dan penyerahan Bendera Pelepasan, Rabu (28/06/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut, para asisten dan staf ahli Bupati, Ketua TP PKK Rokan Hulu Hj. Peni Herawati Sukiman. Peni Herawati Sukiman, Ketua GOW Sri Yulita, Ketua DWP Siska Irdaningsih SH, dan para pejabat Eselon II di lingkungan Pemkab Rokan Hulu serta Ketua LAMR Rokan Hulu.

Acara pawai takbiran yang bertemakan “buanglah sifat-sifat buruk yang ada pada diri kita dan bertumbuhlah dalam kesantunan dan kasih sayang” ini diikuti oleh 18 masjid yang ada di Kecamatan Rambah.

Setelah beberapa tahun pawai takbiran tidak dilaksanakan karena pandemi Covid 19, namun berkat kedisiplinan seluruh masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan akhirnya perayaan hari besar keagamaan dapat dilaksanakan kembali, hal ini diungkapkan oleh Bupati Rokan Hulu H. Sukiman dalam sambutannya.

“Malam ini adalah malam yang istimewa karena setelah beberapa tahun, setelah terdampak Covid 19 yang mempengaruhi kehidupan kita, namun tidak terlepas dari upaya bersama dan ketaatan terhadap protokol kesehatan yang diberlakukan, acara malam takbiran dapat kita jaga agar tetap aman dan lancar,” ujarnya.

Sukiman menjelaskan bahwa pawai takbiran memiliki makna yang dalam bagi seluruh umat Islam dan pemerintah ingin memfasilitasi kegiatan ini dengan tetap mengutamakan keselamatan masyarakat.

“Pawai takbiran merupakan salah satu tradisi yang tidak dapat dipisahkan dari perayaan Idul Adha. Oleh karena itu, pada malam yang penuh berkah ini, seluruh umat Islam di seluruh dunia dan juga di Negeri Seribu Suluk ini bersama-sama mengumandangkan takbir, tahlil, dan tahmid, memuji dan mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Sukiman melalui momentum yang sangat istimewa ini sebagai langkah maju untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di Rokan Hulu.

Sukiman menambahkan, acara ini diharapkan dapat menjadi media untuk mempererat hubungan antar umat Islam sendiri dan antar umat beragama.

“Sehingga kegiatan ini nantinya menjadi sebuah perhelatan Islami yang mencerminkan ajaran Islam yang aman dan damai serta saling menjaga toleransi, yang merupakan implementasi dari ajaran Islam yang rahmatan lil alamin,” ujarnya.

Sukiman juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang mengikuti pawai takbir keliling yang menunjukkan semangat persatuan dan kesatuan serta semangat yang luar biasa.

Kemudian Kapolres Rohul Budi Setiyono, S.IK, MH mengatakan bahwa untuk pengamanan dan penertiban pawai takbiran, pihak kepolisian telah mengerahkan 100 personil yang berjaga-jaga di berbagai titik. Polisi juga bekerja sama dengan pemangku kepentingan lainnya, seperti Dinas Perhubungan Rokan Hulu dan Satpol PP.

“Kita turunkan 100 orang malam ini untuk pengamanan dan menertibkan peserta pawai sampai ke garis finish di Simpang 3 Km 4,” jelasnya.

Budi juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga keamanan selama pelaksanaan pawai takbiran.

“Saya berharap peserta pawai takbiran dapat berkendara dengan aman dan Alhamdulillah acara hari ini dapat berjalan dengan lancar,” tutupnya.

Acara pawai takbiran ini merupakan yang pertama kali diadakan sejak pandemi Covid 19 dimana pada saat itu semua kegiatan masyarakat dilarang, dan terlihat antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk bersama-sama mengadakan pawai takbiran dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Yuk! baca artikel menarik lainnya dari RAKYAT45.COM di GOOGLE NEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *