Nasional

Wahyudi El Panggabean: Jangan Jadikan Profesi Jurnalistik sebagai Sarana Mengeluh dan Mengemis, Utamakan Martabat Profesi

95
×

Wahyudi El Panggabean: Jangan Jadikan Profesi Jurnalistik sebagai Sarana Mengeluh dan Mengemis, Utamakan Martabat Profesi

Sebarkan artikel ini
Direktur Utama Pekanbaru Journalist Center (PJC) Drs. Wahyudi El Panggabean, M.H., MT.BNSP.,C.PCT (ist)

Pekanbaru, Taktiknews.com – Pekanbaru Journalist Center (PJC), melalui Direktur Utamanya, Drs. Wahyudi El Panggabean, M.H., MT.BNSP.,C.PCT, mengimbau para wartawan untuk menghargai martabat profesi jurnalistik tanpa mengeluh atau meminta-minta.

“Dalam acara perayaan ulang tahun kedua Aliansi Media Indonesia (AMI) dan buka puasa bersama di Hotel Resti Menara, Pekanbaru, pada Kamis (4/4), Wahyudi menegaskan, ‘Janganlah kita menjadi wartawan yang hanya mengeluh atau meminta-minta.’

“Ia juga menyoroti pentingnya santunan bagi anak yatim yang diberikan sebelum pemotongan tumpeng ulang tahun oleh Ketua Umum DPP-AMI, Ismail Sarlata, sebagai bentuk kepedulian sosial.

“Dalam pandangannya, profesi wartawan merupakan salah satu profesi yang disebut dalam Al-Quran, dan sebagai pelaksana kewajiban UU No.40 Tahun 1999 tentang Pers, wartawan memiliki tanggung jawab untuk memberikan informasi yang berkualitas dan relevan kepada publik.

“‘Wartawan memiliki kewajiban untuk menjalankan fungsi kontrolnya tanpa harus mengeluh atau meminta-minta. Mereka harus menjaga integritas, profesionalisme, dan tetap belajar sesuai dengan standar kode etik jurnalistik,’ ujar Wahyudi.

“Wahyudi juga memperingatkan tentang pentingnya hati-hati dalam kerja sama dengan pemerintah daerah, mengingat kemungkinan adanya kasus korupsi yang dapat merugikan integritas wartawan.

“Terakhir, Wahyudi menekankan bahwa kecerdasan, kesabaran, dan profesionalisme merupakan hal yang sangat diperlukan dalam menjalankan profesi wartawan, dan wartawan harus terus belajar agar dapat memahami kode etik jurnalistik dengan baik.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *