Lifestyle

Cara Mengatasi Insomnia, Perhatikan 9 Kunci Tidur Nyenyak Ini

31
×

Cara Mengatasi Insomnia, Perhatikan 9 Kunci Tidur Nyenyak Ini

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi tidur. (Unsplash/Wes Hicks)

RAKYAT45.COM – Insomnia merupakan gangguan yang menyebabkan penderitanya merasa kesulitan untuk tidur dengan baik meskipun memiliki waktu luang.

Penderita berharap bisa memiliki jam tidur yang cukup sehingga mulai mencari cara mengatasi insomnia paling efektif.

Ada banyak dampak yang mungkin kamu rasakan akibat insomnia. Kurang tidur bisa menyebabkan penurunan suasana hati, sulit konsentrasi, hingga mengganggu kemampuan memori jangka panjang.

Penyebab insomnia pun sangat beragam, mulai dari stres, jet lag, gangguan mental, hingga kondisi medis lainnya.

Bagaimana cara mengatasi insomnia? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips mengatasi insomnia yang bisa coba kamu terapkan.

Pola Tidur yang Lebih Teratur

Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Kebiasaan ini dapat membantu kamu mengatasi insomnia.

Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Hadirkan suasana yang menenangkan di tempat tidur. Misalnya, kamu bisa menggunakan lampu tidur khusus, aromaterapi, dan menggunakan bantal maupun kasur yang bahannya nyaman.

Batasi Aktivitas di Tempat Tidur

Kamu bisa gunakan tempat tidur hanya untuk beristirahat dan aktivitas intim. Hindari bekerja atau menonton TV di tempat tidurmu.

Hindari Stimulan Menjelang Tidur

Sebaiknya kamu jangan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan coklat beberapa jam sebelum tidur.

Biasakan Aktivitas Santai sebelum Tidur

Kamu bisa lakukan aktivitas santai seperti membaca buku maupun mendengarkan musik untuk membantu relaksasi tubuh sebelum tidur.

Atur Jadwal Aktivitas Fisik

Lakukan olahraga ringan secara teratur dan hindari aktivitas intens. Pilih waktu yang tepat untuk berolahraga maupun istirahat.

Manajemen Stres

Kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat untuk mengatasi insomnis. Jika perlu, lakukan meditasi guna menenangkan pikiran.

Batasi Waktu Tidur Siang

Jika kamu terbiasa tidur siang, mulai terapkan batasan waktunya. Selain itu, hindari tidur di waktu petang menjelang malam.

Konsultasi dengan Tenaga Medis

Jika insomnia masih berlanjut, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter. Kamu mungkin membutuhkan pemeriksaan dan penanganan medis lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *