Bupati Rokan Hulu H.Sukiman Hadiri Rakornas Pemda Dan FKUB,Dibuka Secara Resmi Oleh SekJen Kementrian Dalam Negeri

Rohul, TaktikNews.com – Bupati Rokan Hulu H.Sukiman didampingi Plt Kaban Kesbangpol Kabupaten Rokan Hulu Irvandri, S.Sos,M.IP hadiri Rakornas Pemda dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) tahun 2023 se Indonesia, yang dilaksanakan di Kota Tanggerang, Banten, Selasa (28/02/2023).

Kegiatan Rakornas bersama FKUB ini yang ditaja Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Dr.H.Suhajar Diantoro,M.Si dengan mengangkat tema “Sinergi Memantapkan Kerukunan Umat Beragama dalam Mewujudkan Pemilu yang Aman Damai dan Harmoni”

Dimana dalam sambutannya, Sekjen Kemendagri ini menyebutkan bagaimana kecintaan para raja pada masa dahulu yang setuju dengan adanya Republik dan bahkan langsung datang ke Jakarta menyetujui hal tersebut bahkan menyerahkan dengan keris pusakanya. Begitu lah besarnya jasa para pahlawan sehingga itulah yang menjadikan Republik dengan berdasarkan Pancasila.

Kemudian dihadapan 1692 peserta yang hadir dari seluruh Indonesia yang mengikuti Rakornas ini, dirinya juga mengumpamakan bagaimana sosok patriotisme dari Sultan Syarif Kasim II kala itu.

Selain dari pada itu berkenan dengan pentingnya peran FKUB dalam pelaksanaan Pemilu sangat luar biasa bagi terciptanya situasi kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik. Serta Ia menekankan bahwa Negara sangat menjamin setiap orang untuk memeluk agamanya dan kepercayaannya, demi terciptanya Indonesia yang sejahtera.

“Termasuk dalam mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan harmoni,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Rokan Hulu yang hadir langsung dalam Rakornas bersama FKUB menegaskan dimana suhu politik menjelang pemilu kian meningkat. Potensi akan terjadinya konflik, terutama konflik horisontal, bukan tidak mungkin akan terjadi apabila tidak diantisipasi sejak dini.

Bupati Sukiman juga berharap peran FKUB sangat dibutuhkan untuk dapat mewujudkan pemilu damai, aman dan sejuk dalam rangka menyukseskan pesta demokrasi Pemilu yang akan digelar pada 2024 nanti.

“kita harus menjaga persatuan dan kesatuan serta kerukunan bersama untuk mewujudkan pemilu yang aman dan kondusif demi menyukseskan pemilu 2024, serta selalu menumbuhkan semangat dan kerukunan antar umat beragama,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Rokan Hulu H.Sukiman juga berjumpa langsung bersama Sekjen Kemendagri usai kegiatan Rakornas dan bersalaman langsung bahkan sempat bersenda gurau dengan beliau.

Penulis : MS