Pemerintah

Musrenbang RKPD 2025: Bupati Kasmarni Ungkap Empat Prioritas Pembangunan

39
×

Musrenbang RKPD 2025: Bupati Kasmarni Ungkap Empat Prioritas Pembangunan

Sebarkan artikel ini
Bupati Bengkalis Kasmarni ketika memberikan sambutan dan pengarahan pada pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2025, di Balai Kerapatan Wisma Sri Mahkota Bengkalis (istimewa)

Bengkalis, Taktiknews.com – Pemerintah Kabupaten Bengkalis menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) serta merancang Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk tahun 2025, di Balai Kerapatan Wisma Sri Mahkota Bengkalis pada Jumat, 8 Maret 2024.

Dengan tema ‘Memantapkan Kualitas Sumberdaya Manusia, Infrastruktur, Tata Kelola Pemerintahan, dan Perekonomian Masyarakat Menuju Bengkalis Bermarwah, Maju, dan Sejahtera’, acara ini secara resmi dibuka oleh Bupati Bengkalis, Kasmarni.

Dalam arahannya, Bupati Kasmarni menegaskan bahwa tahun 2025 merupakan tahun awal pelaksanaan RPJMD Kabupaten Bengkalis tahun 2025-2029, serta menjadi tahun transisi perencanaan jangka panjang daerah, RPJPD Kabupaten Bengkalis tahun 2025-2045.

Dikarenakan sifatnya yang ‘menjembatani’, RKPD tahun 2025 berpotensi untuk mengalami penyesuaian dan penyelarasan sesuai dengan perubahan kebijakan strategis di Kabupaten Bengkalis, tetapi tetap mengikuti mekanisme dan ketentuan yang berlaku.

“Melalui momentum Musrenbang ini, kami mengajak kita semua untuk menjadikannya sebagai landasan guna menghasilkan perencanaan berbasis money follow program dan cross cutting program untuk menjawab harapan masyarakat di desa dan kelurahan, serta permasalahan dan isu strategis daerah tahun 2025, dengan tetap konsisten mendukung kebijakan nasional dan Provinsi Riau tahun 2025,” ungkap Bupati Bengkalis Kasmarni.

Dalam konteks tema Musrenbang, Bupati Kasmarni menyebutkan empat prioritas pembangunan yang akan ditekankan. Pertama, meningkatkan kualitas sumberdaya manusia.

Kedua, memperkuat tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik serta meningkatkan kapasitas fiskal daerah. Ketiga, menjadi fokus utama dalam penyediaan infrastruktur dan penataan kawasan yang berkelanjutan, dengan beberapa agenda yang akan dijalankan.

Dan yang keempat, menekankan peningkatan daya saing ekonomi masyarakat dan pengembangan industri kreatif daerah.

“Ini semua merupakan upaya kami dalam mewujudkan Visi Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju, dan Sejahtera (Bermasa),” tambah Bupati Kasmarni.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan penandatanganan berita acara RKPD 2025 oleh perwakilan unsur legislatif, perangkat daerah, kelembagaan, dan camat.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Pimpinan DPRD Bengkalis, Sofyan, Kepala Bappeda Rinto, Sekda dr Ersan Saputra, Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau, yang diwakili oleh Dwi Kurnia Putra, anggota Forkopimda, sejumlah Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, serta pengurus kelembagaan sosial dan kemasyarakatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *