Disdik Perkenalkan Permainan Tradisional pada Anak

71235-news-disdik-perkenalkan-p
71235-news-disdik-perkenalkan-p

PEKANBARU | TAKTIKNEWS.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru perkenalkan permainan tradisional kepada peserta didik. Ini dilakukan untuk meningkatkan interaksi sosial anak.

Permainan tradisional berupa kompang, yeye, engrang, gasing dan permainan congkak yang ditampilkan peserta didik tingkat SD dan SMP se kota Pekanbaru ini dalam rangka memeriahkan HUT Pekanbaru ke 239 Tahun 2023.

“Kita mencoba mengangkat kembali permainan rakyat, permainan kita dahulunya yang ada di Pekanbaru. Ini supaya anak mengerti, kira-kira permainan di Pekanbaru itu apa.Tujuan kita salah satunya adalah meningkatkan sosialisasi anak,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Abdul Jamal, Minggu (28/5).

Dengan adanya permainan tradisional yang dilakukan lebih dari satu orang, lanjut Abdul Jamal, interaksi sosial sesama anak meningkat.

“Karena anak-anak sekarang ini lebih banyak main game online. Untuk itulah kita kembali mencoba seperti kita dahulunya, berinteraksi dengan teman atau lingkungannya. Begitu juga dengan anak-anak kita sekarang, mereka lebih asik bermain bersama-sama temannya. Karena bermainnya berkelompok, sedangkan game biasanya main sendiri,” terang Abdul Jamal.

Permainan tradisional yang dilaksanakan di Shelter Charlie Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, dilakukan di lima titik.

“Kita tadi ada lima titik. Di lima titik ini kita gabung aja dari beberapa sekolah. SD dua titik dan SMP tiga,” pungkasnya. (rls)

Editor: Made. W